Puisi Kasih Sayang

Walaupun Anda tidak suka membaca karya sastra, Anda pasti tahu bahwa banyak puisi adalah ungkapan kasih sayang dari sang penyair untuk seseorang, baik tokoh nyata atau khayalan.

Puisi kasih sayang pun bukan hanya monopoli pasangan yang sedang dimabuk cinta. Puisi yang indah bisa dipersembahkan untuk orang yang dianggap sangat berarti.

Misalnya, tahukah Anda seniman Italia yang bernama Michelangelo Buonarotti? Biarpun menulis banyak puisi romantis, ternyata banyak juga puisinya yang ditulis untuk murid, asisten sekaligus sahabatnya sampai meninggal, yang benama Tommaso Cavalieri.

Puisi Kasih Sayang Ibu


Atau, yang lebih baik lagi, Anda bisa mengutip atau menulis puisi kasih sayang ibu, untuk mengungkapkan rasa cinta pada wanita yang melahirkan Anda. Misalnya, satu contoh bait puisi dari Chairil Anwar untuk ibunda tercinta, berjudul Puisi untuk Ibu:

Ibu…
Setiap kali aku tersilap
Dia hukum aku dengan nasihat
Setiap kali aku kecewa
Dia bangun di malam sepi lalu bermunajat
Setiap kali aku dalam kesakitan
Dia ubati dengan penawar dan semangat….
Ungkapan kasih sayang ini sangat sederhana namun disampaikan dengan indah melalui puisi sehingga sangat berkesan.

Anda bisa mencoba membuat puisi seperti ini atau setidaknya mengutipnya untuk mengekspresikan rasa cinta dan sayang pada ibunda. Akan tetapi, jika Anda mau berusaha membuatnya sendiri, hal itu akan lebih berkesan untuk sang ibunda.

puisi sayang


Bukan hanya penyair dalam negeri saja. Penyair luar negeri pun memiliki ungkapan kasih sayang nan romantis. Misalnya, baris-baris puisi kasih sayang yang ditulis Shakespeare sebagai dialog Romeo saat sedang merayu Juliet di balkon, atau potongan puisi buatan WS Rendra yang judulnya Kutulis Surat Ini:

Kala hujan gerimis bagai bunyi tambur yang gaib
Dan angin mendesah,
Mengeluh dan mendesah,
Wahai dik Narti,
Aku cinta kepadamu!

Wow, siapa yang tidak akan tergerak membaca baris-baris indah seperti itu? Puisi sayang ala penyair romantis memang sangat cocok bagi Anda yang merasa tidak cukup sekedar bilang ‘aku sayang kamu’ saja. Mau itu puisi buatan sendiri atau puisi yang diambil dari karya para penyair, Anda bisa menggunakan bait-bait puisi untuk mengungkapkan kasih sayang yang menggebu-gebu.

Chairil Anwar yang meledak-ledak dan sering menulis puisi berbau perjuangan saja bisa menulis puisi romantis seperti ini:

Di teras rumah makan kami kini berhadapan.
Baru berkenalan, cuma berpandangan.
Sungguhpun samudera jiwa sudah selam berselam.
Masih saja berpandangan.
Lagu Biasa

Romantis sekali, bukan? Banyak sekali puisi cinta Chairil Anwar dengan nada seperti ini, dan puisi-puisi tersebut banyak yang ditujukan pada wanita-wanita yang pernah dikenalnya, termasuk yang paling dicintainya yang bernama Sumirat. Baris-baris seperti ini tentu saja terdengar lebih romantis daripada sekedar ungkapan ‘aku sayang kamu’ yang ditulis.

 

 Tips Menyampaikan Puisi Kasih Sayang


Bait-bait puisi bisa disampaikan secara kreatif pada orang tercinta. Misalnya, Anda bisa menyelipkan puisi itu pada surat yang disertakan bersama kado ulang tahun atau hadiah spesial. dengan cara seperti ini akan sangat berkesan jika Anda biasanya hanya mengungkapkan kasih sayang dengan SMS atau BBM,

Selain dengan cara di atas bait-bait puisi spesial bisa Anda selipkan pada kartu ucapan buatan sendiri atau bahkan dibacakan di hari istimewa orang tercinta Anda.

Kalau membuat puisi bukan bakat Anda, tidak perlu kecewa. Puisi yang berisi sentimen tulus hati Anda terhadap si orang tercinta biasanya akan lebih dihargai daripada kutipan puisi penyair terkenal yang disampaikan tidak tulus atau dengan gaya menggombal. Jadi, jika Anda ingin menyatakan kasih sayang dengan cara yang lain dari biasanya, lebih romantis, mendalam dan unik, jangan ragu menggunakan bait-bait puisi yang indah.
Advertisement
Puisi Kasih Sayang | Darusman Sukses | 5